Sintesis MgTiO3-CaTiO3 (MT-CT) dengan Memanfaatkan Kapur Alam dan Metode Pencampuran Larutan

Lisma Dian Kartika Sari, Suminar Pratapa
Submission Date: 2012-07-25 12:19:16
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Telah dilakukan sintesis serbuk campuran MgTiO3 (MT) dan CaTiO3 (CT)dengan memanfaatkan kapur alam melalui metode pencampuran larutan dalam konsentrasi yang relaif tinggi (>90 % berat). Bahan dasar yang digunakan adalah serbuk Mg dan Ti, serta unsur Ca dari kapur alam digunakan sebagai bahan aditif. Tiga rasio mol serbuk (Mg+Ca):Ti disiapkan, yaitu 1,02:1; 1,04:1 dan 1,06:1. Larutan prekursor dibuat dengan melarutkan serbuk Mg dan Ti dalam pelarut asam HCl 37% dan serbuk Ca dari kapur alam yang telah dikarbonasi menjadi CaCO3 dilarutkan dengan pelarut asam HCl 10 M, ketiga larutan dicampur dan diaduk serta dikeringkan pada temperatur 110°C dan diikuti kalsinasi serbuk hasil pengeringan pada temperatur 800°C selama 1 jam. Komposisi serbuk hasil sintesis diuji dengan difraksi sinar-X dan dianalisis menggunakan metode Rietveld pada perangkat lunak Rietica. Identifikasi serbuk menunjukkan bahwa seluruh variasi rasio mol menghasilkan fasa MT, CT, periklas dan rutil, kecuali serbuk sampel pada rasio mol 1,06:1 tidak ditemukan fasa rutil. Variasi mol yang menghasilkan fraksi berat MT terbesar adalah 1,02:1 dan fraksi berat CT terbesar adalah 1,06:1. Munculnya fasa yang mengandung unsur Ca secara independen menunjukkan bahwa tidak terbentuk larutan padat CaxMg1-xTiO3 melainkan senyawa MT-CT dengan impuritas periklas dan rutil.


Keywords


Kalsium titanat (CT); magnesium titanat (MT); analisis Rietveld; pencampuran larutan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.