Perancangan Environmental Graphic Design Museum Sepuluh Nopember Surabaya Area Dalam

Dwipa Ramandhita, Denny Indrayana
Submission Date: 2012-07-25 12:21:38
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Seiring dengan pencanangan Tahun Kunjung Museum 2010 oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, program tersebut merupakan bagian dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) hingga 2014. Tujuan diadakan Gerakan Nasional Cinta Museum adalah untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap arti penting museum serta meningkatkan jumlah pengunjung museum. Menanggapi hal tersebut, maka dilakukanlah pembenahan internal UPTD Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember untuk turut dalam tahun kunjungan museum 2010. Kurangnya sistem penunjuk arah yang terpadu, kelengkapan mengenai koleksi museum, dan suasana museum yang tidak pernah mengalami perubahan sejak awal dibangunnya museum ini, menjadikan museum ini luput dari tujuan wisata masyarakat yang lebih menutamakan sesuatu yang baru dan menarik. Dalam perancangan ini akan dibahas bagaimana para pengunjung dapat merasakan pengalaman tentang peperangan dan kisah kisah perjuangan yang membuat pengunjung dapat merasakan kondisi yang terjadi pada peristiwa sepuluh nopember, namun tetap mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai peristiwa tersebut. Perancangan Environment Graphic Design bertujuan agar memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang mudah dipahami agar dapat menghemat waktunya dan merasa nyaman karena tidak akan tersesat, sementara desain eksebisi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman suatu objek yang dapat selalu diingat oleh pengunjung. Metode penelitian yang dilakukan adalah riset observasi dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat khususnya para pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya agar mereka dapat merasakan suasana yang modern namun tetap berkesan kepahlawanan pada masa lampau.


Keywords


Museum Sepuluh Nopember Surabaya; Environmental Graphic Design; Modern, sejarah; heroik; kepahlawanan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.