Desain Interior Gloria Textile Berkonsep Modern Komunikatif untuk Meningkatkan Efektifitas Kegiatan Pengguna

Mycell Pamudji Amalia, Nanik Rachmaniyah
Submission Date: 2020-08-25 20:46:15
Accepted Date: 2021-03-24 13:50:09

Abstract


Beragam bidang industri berkembang dengan pesat. Salah satunya industri fashion dengan kain sebagai bahan utama. Namun kegiatan berbelanja kain belum menjadi kegiatan yang menyenangkan. PT. Gloria Textile Abadi merupakan sebuah perusahaan dengan visi memberikan pelayanan dan penyediaan barang terbaik untuk pelanggan serta meningkatkan efisiensi perusahaan. Namun berdasarkan pengamatan lapangan terdapat masalah terkait keefektifan kegiatan baik bagi karyawan maupun pelanggan. Hal tersebut menjadi budaya dan belum ditemukan solusi yang tepat. Dengan menerapkan konsep Modern Komunikatif pada interior toko kain Gloria Textile, maka akan meningkatkan keefektifitasan serta kenyamanan beraktivitas. Konsep modern diwujudkan dari penerapan sistem one stop shopping dengan penambahan fasilitas yang dibutuhkan seperti area perlengkapan jahit, area konsultan desainer fashion, area kantin dan area bermain anak. Konsep komunikatif diwujudkan dengan elemen pada interior yang memanfaatkan permainan aksentuasi warna tertentu yang eye-catching pada tiap area, dan juga seni tipografi sebagai signage. Kedua hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian dan fokus pengguna sehingga informasi dapat tersampaikan dan dipahami dengan mudah dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, konsep modern komunikatif juga akan ditunjang dengan perencanaan layout ruangan hingga desain furnitur storage dan display kain khusus agar aktivitas pengguna ruangan menjadi lebih efektif.

Keywords


Desain Interior; Konsep Moder; Konsep Komunikatif; PT. Gloria Textile Abadi; Toko Kain.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.