Re-design Interior “Esa Genangku” Department Store dengan konsep Interior Kekinian yang Menunjang Gaya Hidup Zaman Sekarang sebagai Media Branding.

Elvira Pramesvari, Budiono Budiono
Submission Date: 2020-08-25 12:07:56
Accepted Date: 2021-03-23 12:24:10

Abstract


Di era yang sudah serba modern, penting bagi sebuah toko fisik seperti ‘Esa Genangku’ Department Store untuk mempertahankan eksistensi toko agar tidak terkesan kuno dan tetap diminati oleh masyarakat zaman sekarang (millennial) dan agar tidak kalah bersaing dengan toko online maupun toko fisik lainnya. Selain karena lokasi toko yang strategis, Esa Genangku juga berpotensi menjadi toko fisik unggulan jika mengelola toko dengan memperhatikan gaya hidup generasi millennial yang sangat aktif dalam bersosial media. Visual desain interior toko yang menarik berkorelasi dengan kebutuhan eksistensi dalam ruang sosial media sebagai media branding dan promosi bagi Esa Genangku. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, literatur, wawancara dan kuisioner, yang kemudian dianalisa menggunakan metode analisis, sintesis dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah membuat pembaharuan desain interior Esa Genangku Department Store agar lebih diminati oleh millennial yaitu dengan konsep interior ‘kekinian’ yang dapat diwujudkan dengan dengan konsep interior bertema art deco yang memiliki unsur ‘kekinian’ yang sedang diminati oleh para millennial, yang kemudian juga ditambahkan unsur instagrammable sebagai spot rekreasi untuk berfoto dengan harapan dapat mem-branding Esa Genangku di media sosial.

Keywords


Branding; Eksistensi; Kekinian; Millenial; Toko.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.