Perancangan Ilustrasi T-Shirt sebagai Souvenir Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

Bagas Briliandhika Amin Putra, Denny Indrayana Setyadi
Submission Date: 2020-08-26 21:46:20
Accepted Date: 2021-05-05 00:00:00

Abstract


Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel merupakan salah satu wisata religi di Pulau Jawa. Kawasan wisata ini terletak di Jl. Ampel Cemp No. 65 RT. 001/RW. 002. Kampung Ampel Surabaya terdapat akulturasi budaya yang kuat, yaitu komunitas dominan Arab, komunitas lokal Madura dan Jawa serta komunitas pendatang, Tionghoa. Wisata Sunan Ampel memiliki kawasan dengan beberapa objek wisata. Banyaknya cagar budaya dan sejarah membuat wisata Ampel masih eksis hingga saat ini. Namun dari konsep suvenir di kawasan wisata ini masih kurang menonjol, baik dari segi desain maupun daya tarik konsumen dalam membeli suvenir serta kurang mampu menggambarkan kawasan wisata. Dalam perancangan ini, penulis memakai metode pendekatan stakeholder mapping serta observasi. Hal ini juga didukung oleh metode AEIOU untuk mengklasifikasikan konten dan aktivitas pada setiap objek wisata. Dalam proses membentuk ilustrasi desain, penulis merangkum metodologi yang terdiri dari beberapa metode, yaitu studi literatur, studi eksisting kawasan, depth interview, dan visitor experience, lalu dilanjutkan dengan proses kreatif pasca pengumpulan data, yaitu brainstorming, pemilihan kreteria desain, eksekusi konsep dan hasil final desain. Tujuan dari perancangan ini adalah membentuk ilustrasi desain pada suvenir kaos yang mampu menjadi peluang sekaligus daya tarik bagi wisatawan maupun peziarah yang datang pada kawasan wisata. Melalui 3 konten yang dibuat yaitu, tokoh, objek bangunan dan tipografi bercirikhas diharapkan mampu memberikan dampak nyata perubahan souvenir yang ada ditempat wisata.


Keywords


Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel; Ilustrasi Kaos; Souvenir Kaos Tempat Wisata

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.