Re-desain Interior Art Gallery dengan Konsep Rekreatif Edukatif Kontemporer Bernuansa Surabaya

Khusnul Chotimah, Nanik Rachmaniyah
Submission Date: 2021-02-25 21:48:41
Accepted Date: 2021-08-16 13:39:57

Abstract


Galeri adalah selasar atau tempat, dapat pula diartikan sebagai tempat yang memamerkan karya seni tiga dimensional karya seorang atau sekelompok seniman atau bisa juga didefinisikan sebagai ruangan atau gedung tempat untuk memamerkan benda atau karya seni (Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2003). Art Gallery ini merupakan salah satu galeri seni di Surabaya yang saat ini semakin terkikis oleh perkembangan jaman karena kurangnya promosi dan branding ditambah dengan kurangnya minat masyarakat terutama remaja untuk berkunjung ke galeri seni. Selain itu kondisi bangunan yang terbatas dan tergolong sudah tua, serta interior yang kurang menarik menjadi penyebab utama pengunjung galeri ini terus mengalami penyusutan. Untuk itu diperlukan upaya perubahan dan pengembangan melalui redesain galeri ini. Dilakukan riset dengan beberapa metode yaitu dengan survey ke lokasi galeri, pembagian kuisioner kepada pengunjung dan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ataupun masyarakat umum, pengumpulan literatur, analisa konsep desain, pembuatan konsep, alternatif konsep, gambar kerja, dan hasil akhir 3D. Hasil dari metode ini menunjukkan konsep yang mampu menjawab permasalahan yang terjadi pada galeri. Konsep yang dihadirkan menciptakan suasana yang tidak membosankan dengan penataan layout yang dinamis dan penggunaan furniture yang interaktif dan informatif, namun tetap menghadirkan sentuhan Surabaya pada elemen interior sebagai ciri khas galeri guna menarik minat pengunjung terutama generasi muda dan wisatawan. Maka dari itu mendesain ulang Art Gallery dengan interior yang rekreatif, edukatif, kontemporer dan bernuansa Surabaya, akan menjadi solusi dalam menarik minat masyarakat untuk kembali berkunjung ke galeri ini, sehingga aktivitas seni di Indonesia utamanya di Surabaya dapat bangkit kembali.

Keywords


Galeri Seni; Ikon Surabaya; Kontemporer; Rekreatif Edukatif.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.