Perancangan Suvenir Museum Sepuluh Nopember dengan Tema Memori Perjuangan Pahlawan Surabaya

Ilham Zulfikar Firmasnyah, Senja Aprela Agustin
Submission Date: 2021-03-07 17:54:45
Accepted Date: 2021-05-09 00:00:00

Abstract


Museum Sepuluh Nopember yang bertempat di Kawasan Monumen Tugu Pahlawan merupakan salah satu destinasi wisata pendidikan kota Surabaya yang memiliki koleksi bukti fisik dan narasi peristiwa sejarah peperangan 10 Nopember 1945. Peningkatan jumlah pengunjung museum tiap tahunnya tidak diimbangi dengan tersedianya suvenir yang berkualitas dan dibutuhkan pengunjung. Selain menjadi oleh-oleh, suvenir memiliki peran sebagai media alternatif promosi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan berkunjung dan mempelajari sejarah di Museum Sepuluh Nopember. Dari fenomena tersebut maka dibutuhkan sebuah perancangan suvenir Museum Sepuluh Nopember. Metode perancangan diawali dengan observasi langsung ke Museum Sepuluh Nopember, melakukan depth interview terhadap stakeholder museum dan pengelola suvenir, kuisioner untuk menentukan target segmentasi, studi eksisting kompetitor komparator, dan mengkaji beberapa literatur ilmu yang bersangkutan. Metode desain dimulai dengan pembuatan konsep dasar, kemudian ekplorasi visual untuk menghasilkan luaran ilustrasi dengan gaya Ligne Claire dan di impelementasikan pada beberapa media suvenir berupa kaos, kemeja, jaket, totebag, aksesoris, dan juga media pendukung seperti kemasan dan hangtag merek, serta stiker digital. Perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi pada salah satu media alternatif promosi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan berkunjung ke Museum Sepuluh Noepmber dan juga sebagai salah satu media edukatif mengenai sejarah perjuangan pahlawan di Surabaya bagi para pengunjung.

Keywords


Suvenir; Museum Sepuluh Nopember; Perjuangan Pahlawan; Surabaya

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.