Prediksi Gempa Bumi di Indonesia Menggunakan R-Shiny

Yova Rezky Amanda, Mumtazah Nurul Aini, Melliyuma Miyoze, Dwi Oktavianto Wahyu Nugroho
Submission Date: 2021-07-18 17:37:48
Accepted Date: 2022-07-28 00:00:00

Abstract


Gempa bumi bisa terjadi akibat aktivitas vulkanis atau tektonik. Gempa bumi dalam skala besar bisa mengakibatkan kerusakan dan bahaya bagi manusia. Hal tersebut menyebabkan perlunya mengetahui info terkini terkait gempa bumi yang terjadi. Dengan mengetahui info terkini terkait gempa bumi, masyarakat akan lebih waspada terhadap kemungkinan gempa yang terjadi. Kini sudah banyak aplikasi yang memberikan info gempa bumi secara akurat. Aplikasi info gempa bumi ini menyajikan informasi terkait gempa yang terjadi secara real-time seiring bertumbuhnya kebutuhan aplikasi sistem informasi yang terpusat. Untuk dapat memprediksi sebuah gempa yang akan datang, ilmu yang bisa digunakan adalah peramalan. Metode peramalan dalam statistika (forecasting) adalah seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data historis dan memproyeksikannya ke masa mendatang dengan suatu bentuk model matematis. Selain itu, bisa juga merupakan prediksi intuisi yang bersifat subjektif. Fungsi peramalan atau forecasting terlihat pada saat pengambilan keputusan. Keputusan yang baik adalah keputusan yang didasarkan atas pertimbangan apa yang akan terjadi pada waktu keputusan itu dilaksanakan. Untuk dapat melakukan peramalan, salah satu software yang bisa digunakan adalah R-Studio. R-Studio merupakan suatu Integrated Development Environment (IDE) untuk R. Software R adalah suatu sistem untuk melakukan analisis statistik dan grafik. R Studio merupakan software statistika yang populer, lengkap, dan berlisensi gratis sehingga peneliti dapat terhindar dari tuntutan hukum saat mengolah dan menganalisis data. Software ini memiliki visualisasi grafik yang lebih canggih dibandingkan software statistika lainnya. Selain itu, R Studio dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis desktop maupun website. R-Shiny merupakan package dalam R-Studio yang berfungsi untuk membuat tampilan berupa web yang isinya terdapat diagram ataupun chart mengenai data yang telah diolah sebelumnya. Shiny adalah paket R opensource yang menyediakan kerangka web yang elegan dan kuat untuk membangun aplikasi web menggunakan R. Shiny dapat membantu mengubah analisis menjadi aplikasi web interaktif tanpa memerlukan pengetahuan HTML, CSS atau JavaScript. Penelitian ini bertujuan mengetahui cara membangun sistem untuk memprediksi gempa dengan cara merancang dan menjalankan web atau aplikasi deteksi gempa bumi di Indonesia pada tahap berikutnya. Manfaat yang dapat diperoleh pada penelitian kali ini bagi praktisi adalah dapat lebih memahami cara membangun sistem untuk memprediksi gempa menggunakan software dan bagi pembaca adalah dapat mengetahui informasi terkini mengenai prediksi gempa yang akan terjadi di masa mendatang.

Keywords


Gempa Bumi; Prediksi; R-Shiny

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.