Evaluasi Kinerja Portofolio pada Saham Perusahaan LQ-45 Periode 2019-2020 Menggunakan Model Sharpe

Akhmad Yuzfa Salvian Idris, Mike Prastuti, Bambang Hadi Santoso Dwijosumarno
Submission Date: 2021-08-07 19:50:30
Accepted Date: 2022-07-28 00:00:00

Abstract


Pasar modal memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Hal itu dikarenakan pasar modal merupakan bagian penting dari lembaga keuangan. Investor yang berinvestasi di pasar modal memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan risiko yang minimal, untuk mendapatkan hal tersebut diperlukan pembentukan portofolio yang baik. Portofolio merupakan kumpulan aset investasi yang perlu dikelola dengan baik dengan tujuan meminimalkan risiko. Evaluasi kinerja portofolio bertujuan untuk menilai portofolio yang telah di bentuk memiliki kinerja yang baik sesuai dengan tujuan investasi. Model Sharpe adalah perhitungan yang mengukur tingkat risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menilai portofolio yang telah dibentuk dengan melakukan perhitungan secara total risiko serta mengetahui portofolio yang terbentuk dari perusahaan yang konsisten terdaftar pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020. Pembentukan portofolio dipilih berdasarkan hasil tingkat pengembalian saham individu yang memiliki nilai lebih besar daripada hasil tingkat pengembalian pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portofolio tahun 2020 semester 2 memiliki kinerja yang paling baik diantara portofolio lainnya.

Keywords


Pasar Modal; Evaluasi Kinerja Portofolio; Indeks LQ45; Model Sharpe

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.