Investigasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Service Innovative Behaviour pada Karyawan Frontline di Industri Food and Beverage

Donny Naufal Hilmyawan Putra, Syarifa Hanoum, Ninditya Nareswari
Submission Date: 2021-08-19 10:00:29
Accepted Date: 2022-02-28 00:00:00

Abstract


Frontliner adalah pegawai garda terdepan pada suatu perusahaan, Frontliner memiliki peran besar terhadap service industry, salah satunya industri Food and Beverage. Frontliner yang berkualitas merupakan aset penting bagi perusahaan, untuk membangun Frontliner berkualitas diperlukan beberapa aspek, salah satunya Service innovative behaviour. Service innovative behaviour memberikan dampak perilaku pegawai terhadap pelanggan, diperlukan pengembangan terkait hal ini. Namun, di Indonesia masih minim sekali studi yang meneliti tentang Service innovative behaviour. Hal ini mungkin dikarenakan masih minimnya pemahaman bahwa inovasi dapat juga terjadi di bidang pelayanan. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan Google formulir dan offline, kemudian dianalisis menggunakan SEM-AMOS dengan responden 270 yang merupakan karyawan frontline yang bekerja di industri Food and Beverage. Penelitian ini dilakukan dengan pendektan kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang diterima yang menyatakan bahwa ditemukan pengaruh positif dan signifikan pada variable Creativity dan Creativity memediasi Empowering Leadership dan Humorous Work Climate terhadap Service Innovative Behaviour. Disertakan pula implikasi manajerial yang ditujukan untuk pengelola, pemilik, dan divisi sumber daya manusia.

Keywords


Frontliner; Food and Beverage Industry; Full Service Restaurant Industry; Service Industry; Service Innovative Behaviour

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.