Perancangan Buku Visual Arsitektur Rumah Adat Mandar Sebagai Upaya Pelestarian Arsitektur Tradisional

Indah Puspa Nuralam, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2021-08-22 19:39:09
Accepted Date: 2023-03-07 00:00:00

Abstract


Rumah adat Mandar (Sulawesi Barat) merupakan salah satu arsitektur tradisional dan aset kebudayaan yang saat ini semakin jarang ditemukan karena perkembangan arsitektur yang terus mengalami modernisasi. Rumah adat Mandar memiliki nilai-nilai filosofis dan tradisi leluhur yang terkandung dalam bentuk, struktur hingga ragam hiasnya, sehingga diperlukan media sebagai arsip untuk pelestarian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, depth interview dan studi eksperimen. Observasi dilakukan dengan mengunjungi langsung rumah adat Mandar yang ada di Museum Pusaka, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat, untuk memperoleh data visual berupa foto dokumentasi. Depth interview dilakukan kepada stakholder dan beberapa narasumber ahli, antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mamuju, budayawan pemerhati rumah adat Mandar dan pihak konservasi rumah adat Mandar di Museum Pusaka Mamuju. Studi eksperimen kemudian dilakukan untuk memperoleh draft buku dan konsep visual yang sesuai dengan kebutuhan perancangan. Sebagai data sekunder, dilakukan juga kajian pustaka terhadap buku-buku yang berkaitan dengan rumah adat Mandar. Hasil dari perancangan ini adalah buku visual arsitektur rumah adat Mandar yang terdiri dari 4 bagian utama, yaitu (1) Introduksi yang berisi pengenalan tentang suku Mandar; (2) Tempat Bermukim, berisi pengenalan dan jenis-jenis rumah adat Mandar; (3) Struktur Boyang, berisi detail struktur dan fungsi rumah adat Mandar; serta (4) Ragam Hias yang berisi aneka ragam hias rumah adat Mandar dan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Penyajian konten dan visual dalam buku menggunakan fotografi arsitektur untuk menggambarkan detail fisik bangunan, ilustrasi digital sebagai pelengkap informasi, gambar tampak untuk detail proporsi dan dimensi bangunan, serta teks deskriptif untuk memaparkan informasi rumah adat Mandar secara luas. Buku visual menjadi media pelestarian dan sumber informasi bagi masyarakat luas yang tertarik mempelajari arsitektur tradisional, khususnya rumah adat Mandar.


Keywords


arsitektur tradisional; rumah adat; Mandar

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.